Connect with us

Kebocoran

Kebocoran Pipa di A Yani Km 2 Berhasil Diperbaiki, Pendistribusian Air Kembali Normal

Published

on

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Pipa distribusi PVC 630 mm PT Air Minum Bandarmasih (Perseroda), yang ada di jalan A Yani Km 1, sempat mengalami kebocoran, akhirnya kini sudah berhasil diperbaiki, dan bisa beroperasi secara normal.

Sebelumnya, pipa tersebut sempat mengalami kebocoran, pada hari Selasa (12/7/2022), dan mengakibatkan pendistribusian air bersih ke kawasan Kecamatam Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Tengah terganggu.

Namun berkat aksi cepat tanggap tim TRD 1, yang langsung menindaklanjuti dan juga memperbaiki pipa yang bocor, sehingga kebocoran pun tak berlangsung lama, dan bisa normal kembali.

Supevisor TRD I PDAM Bandarmasih, H Abdurrahman mengatakan, untuk pipa yang bocor, sudah dikukan perbaikan, dan juga penyambungan terhadap pipa yang bocor.

“Jadi untuk pipa yang bocor kami potong, kemudian kami sambung dengan yang baru lagi,” ujar Abdurrahman, kepada habarpdam.com, Rabu (13/7/2022).

“Jadi Alhamdulillah, saat ini kebocoran sudah berhasil diperbaiki, dan kondisi pendistribusian air bersih sudah bisa berjalan dengan normal,” lanjutnya.

Saat ditanyakan terkait masalah antisipasi terjadinya kebocoroan dikemudian hari, jelas Abdurrahman, untuk saat ini pihaknya akan selalu siap siaga, untuk menindaklanjuti apabila terjadi kebocoran.

Pasalnya, untuk saat ini, yang dapat dilakukan adalah mencari tekanan yang pas dalam pendistribusian air bersih kepada pelanggan.

“Sama seperti sebelumnya, kita tetap memakai tekanan 2,9 Bar dalam mendistrikan air bersih kepada pelanggan. Untuk saat ini, tekanan tersebutlah yang cocok, karena apabila dinaikan potensi pipa bocor bahkan pecah itu lebih tinggi, namun apabila diturunkan, makan untuk pelanggan yang ada dikawasan Banjarmasin Barat, akan susah mendapatkan air bersih,” jelasnya.

Dijelaskannya, karena untuk saat ini, kondisi pipa yang usianya sudah tua juga menjadi penyebab kebocoran. Untuk ditekanan 2,9 Bar saja masih rentam terhadap kebocoran. Jadi kalau untuk solusinya yang baik adalah peremajaan terhadap pipa.

Dalam upaya perbaikan, papar Abdurrahman, tim dilapangan juga sempat terkendala saat melakukan penggalian, karena terhalang batu dan juga kayu yang ada dititik lokasi kebocoran.

“Jadi saat penggalian, itu sempat terkendala dengan adanya batu gunung dan juga kayu ulin, sehingga pencarian titik kebocoran sempat terganggu, karena untuk posisi pipa juga terbilang cukup dalam,” paparnya.

Namun meski demikian, tim dilapangan tetap berusaha semaksimal mungkin, untuk melakukan perbaikan. Yang akhirnya pipa yang bocor berhasil diperbaiki.

Oleh sebab itu, Ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar segera melaporkan ke Call Center PT Air Minum Bandarmasih, apabila menemukan kebocoran ataupun kerusakan yang terjadi dilapangan.

“Kami akan selalu siap memberikan pelayanan dan menindak lanjuti, apabila terjadi kerusakan ataupun kemacetan yang terjadi dilapangan,” pungkasnya. (Apr)