Connect with us

News

PDAM Rencanakan Tambah Pipa Air Baku

Published

on

Gambar : Manajer Aset PDAM Bandarmasih Ali Fathir

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasih rencanakan penambahan jaringan pipa air baku dan kelola limbah lumpur.

Manajer Aset Ali Fathir menyampaikan, rancangan kerja anggaran perusahaan untuk tahun 2022 ini manajemen aset akan melakukan progres jaringan distribusi besar pipa air baku. Perizinan sudah selesai tingkat kota, sedang proses perizinan tingkat provinsi.

“Harapannya enam bulan selesai,” katanya pada habarpdam, Jum’at (14/1/2022).

Ia mengatakan, pihaknya juga memiliki perencanaan tentang limbah dari adanya pertambahan pipa air baku. Maka, akan diselesaikan dengan stag decanter yang diketahui cukup mumpuni untuk mengatasi lumpur.

Projek yang sedang dikembangkan untuk wilayah Banjarmasin Barat yaitu peremajaan pipa dan membesarkan diameter pipa yang terpasang. Saat ini diameternya 630 milimeter menjadi 800 milimeter.

“Harapannya semua pelayanan sampai ke ujung-ujung dapat selesai,” ucapnya.
Projek lainnya terkait peremajaan pipa dari jalan A. Yani sampai jembatan Dewi sedang dalam proses perizinan ke balai karena ranah jalan balai nasional.

Semua RKAP (rencana kerja anggaran perusahaan) didasari oleh business plan dan visi misi dari jajaran direksi. Juga didasari oleh kajian dan burmuara mengikuti regulasi perizinan yang ada.

Ia menerangkan yang menjadi dasar dalam optimalisasi sistem yaitu keseimbangan antara input dan output. Maka, hal utama adalah ketersediaan air baku. Pihaknya akan mengangkat embung, mengingat kualitas air baku yang semakin buruk dengan turbidity sudah diambang batas.

Strategi dalam mengakutalisasikan perencanaan tersebut dengan menggandeng semua departemen di PDAM Bandarmasih terkait melancarkan perizinan.

“Semoga tidak sekedar wacana namun lebih kepada action kita tentang sejauh mana izin dapat kita tempuh. Jangan ada cerita lagi kita terkendala izin,” pungkasnya. (Nda)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.