Connect with us

Sambungan Baru

HORE.. PDAM Bandarmasih Sudah Bisa Layani Pemasangan Baru

Published

on

Gambar : Andi Firmansyah, ST, MM. Supervisor Keluhan Pelanggan dan Sambungan Baru PDAM Bandarmasih

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – Aksesoris yang dibutuhkan telah datang, pelanggan yang sebelumnya masuk dalam daftar tunggu pemasangan sambungan baru karena penundaan pengerjaan kini setengahnya telah selesai dikerjakan.

Jumat lalu (05/11/2021) Manager Pelayanan dan Pemasaran H. Taufiqurrahman saat ditemui oleh habarpdam.com mengiyakan adanya penundaan pemasangan sambungan baru, hal itu disebabkan karena dalam pemasangan sambungan baru, banyak aksesoris-aksesoris yang dibutuhkan. Banyaknya permintaan pemasangan baru melampaui dari target yang diperkirakan oleh PDAM Bandarmasih, menyebabkan kurangnya stok aksesoris yang tersedia.

Supervisor SR dan Keluhan Pelanggan Andi Firmansyah menyebutkan kini pemasangan sambungan baru telah dilaksanakan kembali, ada sekitar 50 pelanggan di daftar tunggu yang sudah dilakukan permintaan pemasangan barunya.

“Yang dalam daftar tunggu sudah on progress, sudah datang barangnya, perkiraan sekitar satu minggu pelanggan yang dalam daftar tunggu kemarin sudah selesai ditindak semua,” jelasnya kepada habarpdam.com saat ditemui di kantornya pada Rabu (17/11/2021).

Andi juga menjelaskan perihal keterlambatan pemasangan ini, bukannya mereka tidak ingin memasang tetapi memang kemarin untuk sementara ditunda, sebab untuk instalasi baru banyak aksesoris yang diperlukan sementara stok yang ada tidak mencukupi.

PDAM Bandarmasih sendiri memilik standar produk yang ditetapkan untuk aksesoris yang dipakai, sehingga Andi menyebutkan bahwa mereka memang memilih untuk menunggu datangnya barang yang memenuhi standar perusahaan daripada memasang askesoris seadanya dan malah mengurangi kualitas di pelanggan.

“Kami tidak menginginkan hal itu terjadi ke pelanggan, makanya kami memilih untuk menunda sementara pemasangan baru itu,” ujarnya.

Kini stok aksesoris-aksesoris yang dibutuhkan telah datang, maka pemasangan sambungan baru telah dilaksanakan kembali.

“Sudah sekitar setengahnya atau 50 pelanggan di daftar tunggu yang sudah ditindaki, sekarang setiap hari pemasangan tidak terlalu banyak ada sekitar 10 sampai 15 pelanggan yang daftar baru, sembari kami mencicil pelanggan yang di daftar tunggu,” terang Andi.

Andi juga menyampaikan permintaan maafnya kepada pelanggan yang mengalami penundaan pemasangan sambungan baru ini, namun ia harap pelanggan paham bahwa hal tersebut dilakukan demi menjaga kualitas, ia tidak ingin pelanggan menerima barang dengan kualitas dibawah standar yang ditetapkan perusahaan air minum itu.

“Dalam minggu ini insya allah semua di daftar tunggu selesai,” ucapnya.

Andi juga menyebutkan bagi pelanggan yang ingin melakukan pemasangan baru maka silahkan langsung saja mendaftar karena kini pemasangan baru telah dilakukan seperti biasa, berikut ketentuan dan persyaratannya,

  1. Melampirkan materai 10.000,- pada surat perjanjian antara pelanggan dan PDAM Bandarmasih,
  2. Melampirkan 1 (satu) lembar foto copy KTP,
  3. Menunjukkan nomor kontrak atau rekening PDAM tetangga sebelah,
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 11.000,- (sudah termasuk PPN 10%),
  5. Membayar biaya sambungan baru sesuai klasifikasi (sudah Termasuk PPN 10%), antara lain
    Sosial Umum Rp 700.000, Sosial Khusus Rp 700.000, Rumah Tangga A1 Rp 850.000, Rumah Tangga A2 Rp 1.750.000, Rumah Tangga A3 Rp 1.850.000, Rumah Tangga A4 Rp 2.100.000, Rumah Tangga A5 Rp 2.450.000, Instansi Pemerintaha Rp 2. 850.000, Instasi Pendidikan Rp 2.100.000, Niaga Kecil Rp 1.800.000, Niaga Menengah Rp 2.950.000, Niaga Besar Rp 3.650.000.

Industri kecil, industri besar dan kelompok khusus, besarnya biaya pemasangan sambungan baru dihitung dan ditentukan setelah dilakukan survey lapangan oleh departemen terkait.

  1. Pipa persil diberikan 12 (dua belas) meter,
  2. Biaya tambahan mengacu pada harga satuan yang berlaku di PDAM Bandarmasih (sudah termasuk PPN 10%) antara lain, bongkar aspal penetrasi Rp 33.000/meter, bongkar rabat beton Rp 50.000/meter, bongkar pasang batako atau paving blok Rp 24.000/meter, bongkar jalan hotmix Rp 80.000/meter, solongan pipa ½ “ – 1” Rp 48.000/meter, pipa PE Ø 3/4″ (25 mm) Rp 13.600/meter dan upah pemasangan pipa PE Ø 3/4″ Rp 7.000/meter.
  3. Apabila saat pendaftaran data alamat calon pelanggan sudah jelas di GIS maka dapat langsung program One Day Service, tetapibila tidak maka akan dilakukan survey lapangan terlebih dahulu. (ltf)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.