Connect with us

Kebocoran

Tak Perlu Lama, Tim PDAM Langsung Tindaklanjuti Laporan Masuk

Published

on

Tim Gangguan Air Minum (GAM) PDAM Bandarmasih saat pelaksaan perbaikan pipa.

HABARPDAM.COM, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasih menerima laporan ada salah satu rumah pelanggan di wilayah Pemurus Luar mengalami gangguan. Air macet, pukul 08.00 Wita, Sabtu (9/1/2021).

Setelah menyelesaikan salah satu laporan mengenai kebocoran di wilayah Simpang Belitung, Tim perbaikan pun langsung mendatangi lokasi pengaduan.

Aduan langsung ditindak lanjuti saat itu juga ketika sudah diketahui sumber kebocorannya.

Pelanggan yang melapor, Tuti menyatakan ia melapor melalui Whatsapp center pada pukul 08.00 Wita dan langsung ditindaklanjuti oleh tim yang bertugas.

“Puas sekali pelayanannya, keluhan kami langsung ditanggapi dan diselesaikan di hari itu juga,” ujarnya.

Supervisor Transmisi dan Distribusi (TRD) 2, Abdurrahman menjelaskan ketika ada laporan aduan yang masuk pasti akan langsung ditindak lanjuti, namun juga harus dilihat dulu kondisi di lapangan seperti apa.

Misalnya kebocoran atau air macet terjadi pada satu pelanggan, maka masalah dapat terdeteksi dengan mudah sehingga dapat dikerjakan saat itu juga.

Lain cerita apabila macet atau kebocoran pada satu kompleks atau satu wilayah maka ada tahap-tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti pengecekan secara keseluruhan sebelum mengambil tindakan.

“Misalnya apakah instalasinya kurang, boringan buntu, atau kekurangan air dan sebagainya.” jelas Abdurrahman.

Abdurrahman juga menyatakan cepat atau tidaknya tim perbaikan ke rumah pelanggan juga dipengaruhi oleh lengkap tidaknya data di laporan yang masuk.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, H. Supian, ST, MT (kiri) bersama Supervisor Humas M. Nur Wakhid saat memantau lokasi perbaikan kebocoran Pipa di Jalan A Yani Km. 2

“Jika pelanggan menyertakan ID Pelanggan serta no telepon yang dapat dihubungi, maka pasti tim perbaikan akan cepat datang karena lokasi dapat ditemukan dengan nomer ID yang dibantu dengan teknologi GIS, dan apabila terdapat kesulitan maka dapat meminta informasi tambahan melalui no telepon yang disertakan.” ujarnya.

Seorang tim perbaikan yang bertugas, Anwar menjelaskan, penindakan laporan tidak hanya pada saat jam kerja saja, penyelesaian perbaikan terkadang dapat memakan waktu hingga seharian penuh atau bahkan lebih tergantung tingkat kesulitan.

“Alhamdulillah sejauh ini masih dapat dihadapi, paling hambatan terjadi karena kayu atau akar-akar pepohonan di sekitar lokasi yang ada sedikit menyulitkan pergerakan kami,” ucapnya.

Terkadang juga ada pelanggan yang merasa keberatan jika perbaikan dilakukan pada malam hari, jika seperti itu maka tim perbaikan menghormati permintaan pelanggan dan akan menunda pengerjaan. (ltf)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.